Sabtu, 21 Maret 2009

how to be a good witer???

hmmmm
beberapa waktu lalu, aQ ditanyain sama temenku yanag anak sastra Inggris. dia tanya, gimana siy biar Qta bisaa nulis (fiksi maupun non fiksi, artikel, etc) dengan baek dan benar?. aQ ditanyain gitu, jadi bingung mo jawab apa.

why? karena pertanyaan seperti itu, menurut Q jawabannya sangat subjektif dan tergantung dari sudut pandang siapa. karena kembali lagi, kita bisa bilang bahwa satu tulisan itu bagus, juga sangat subjektif pada diri kita. kita bilang buku ini bagus, belom tentu orang lain bilang bagus.

maka dengan segenap jiwa (halah!) aQ jawab pertanyaan temen Q.

menurut Q, tulisan yang bagus adalah tulisan yang mudah dipahami, walau isi yang dibahas merupakan topik yang 'berat'. selain itu, gaya bahasanya juga easy dan membumi. jangan pake bahasa yang tinggi-tinggi karena yang ada, kita jadi kebanyakan mikir buat baca tulisan itu. lalu, hal yang Qta tulis itu haruslah menarik dan kalaupun hal yang asing, harus Qta bikin se menarik mungkin. satu lagi, tulislah sesuatu yang bermanfaat. atau paling tidak, setelah orang membaca tulisan mu, dia jadi mendapat pengetahuan baru, walau hanya sedikit.

itu menurut Q lho... bagaimana menurutmu???

tita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar